RUANG
LINGKUP BIOLOGI
ü Istilah
Biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios (hidup) dan logos (ilmu), yang
berarti ilmu yang mempelajari tentang kehidupan makhluk hidup
ü Ciri-ciri
makhluk hidup :
ü memerlukan nutrisi
|
ü ekskresi
|
ü bergerak
|
ü transportasi
|
ü metabolisme
|
ü iritabilitas
|
ü bergerak
|
ü reproduksi
|
ü adaptasi
|
ü respirasi
|
ü bertumbuh dan
berkembang
|
|
ü Urutan
tingkat organisasi kehidupan :
o
Molekul : bagian yang melakukan metabolisme
o
Sel : satuan terkecil secara structural dan
fungsional tubuh makhluk hidup
o
Jaringan : kumpulan sel sejenis yang memiliki
fungsi yang sama
o
Organ : kumpulan jaringan yang bersatu dan
menjalankan fungsi tertentu
o
System organ : sekelompok organ yang bekerja
sama melakukan fungsi tertentu
o
Individu : interaksi semua system organ yang menyusun
suatu makhluk hidup
o
Populasi : kumpulan individu sejenis yang
menempati suatu daerah tertentu
o
Komunitas : kumpulan populasi dari berbagai
spesies yang tinggal di suatu habitat
o
Ekosistem : hubungan timbal balik antara
komponen abiotik dan biotik
o
Bioma : ekosistem yang luas
o
Biosfer : semua ekosistem di bumi beserta
atmosfer
ü Objek
utama biologi berupa makhluk hidup, fosil, dan kehidupannya
ü Manfaat
biologi dalam kehidupan :
Bidang pertanian :
|
Meningkatkan produksi pangan
|
|
Tanaman tahan hama
|
|
Buah tanpa biji
|
|
Reproduksi dengan kultur jaringan
|
Bidang kedokteran :
|
Transplantasi organ
|
|
Bayi tabung
|
Bidang peternakan :
|
Inseminasi buatan
|
|
Fertilisasi in vitro
|
Bidang farmasi :
|
Pembuatan vaksin
|
Bidang industry :
|
Industri obat-obatan
|
|
Industri makanan hasil mikroorganisme
|
Bidang IPTEK :
|
Mikroskop
|
ü Dampak
negative perkembangan ilmu biologi :
o
Penggunaan narkotik dan obat-obat terlarang
o
Penggunaan herbisida dan pupuk berlebihan
merusak tanaman
o
Hewan herbivore yang memakan makanan transgenic
yang beracun
o
Muncul organism baru hasil kloning
o
Insulin hasil rekayasa genetika menyebabkan
kematian
o
Diciptakan senjata biologis
ü 3 macam
pendekatan biologi :
o
Pendekatan fakta
o
Pendekatan konsep
o
Pendekatan keterampilan proses (memiliki
kelebihan dibanding pendekatan yang lain)
ü Metode
ilmiah : tahapan yang harus dilakukan dalam melakukan eksperimen, meliputi :
1. Merumuskan masalah
|
4. Melakukan eksperimen
|
2. Mengumpulkan
keterangan
|
5. Menganalisis data
|
3. Merumuskan hipotesis
|
6. Menarik kesimpulan
|
ü Sikap-sikap
ilmiah meliputi : ingin tahu, teliti, tekun, objektif, jujur, dan peduli
ü Ciri-ciri
sains :
o
Objek kajian berupa benda konkret
o
Dapat berkembang sesuai pengalaman empiris
o
Memiliki langkah-langkah sistematis
o
Menggunakan cara berpikir yang logis
§ Deduktif
: menarik kesimpulan dari hal-hal yang umum menjadi khusus
§ Induktif
: menarik kesimpulan dari hal-hal yang khusus menjadi umum
o
Hasilnya objektif dan apa adanya, dan berupa hukum-hukum
yang berlaku umum
ü Objek
kajian IPA ada 3, yaitu :
o
Biologi : ilmu yang mempelajari tentang makhluk
hidup, fosil, dan kehidupannya
o
Fisika : ilmu yang mempelajari tentang benda,
gejala alam, serta antariksa
o
Kimia : ilmu yang mempelajari tentang materi /
zat
ü Cabang-cabang
biologi :
Cabang
|
Objek
|
Cabang
|
Objek
|
Biomolekuler
|
Molekul
|
Botani
|
Tumbuhan
|
Sitologi
|
Sel
|
Zoology
|
Hewan
|
Histology
|
Jaringan
|
Pteriridologi
|
Tumb.
Paku
|
Pulmonologi
|
Paru-paru
|
Bryologi
|
Tumb.
Lumut
|
Kardiologi
|
Jantung
|
Hematologi
|
Darah
|
Endokrinologi
|
Hormon
|
Entomologi
|
Serangga
|
Neurologi
|
Otak
|
Ichtiologi
|
Ikan
|
Anatomi
|
Struktur
organ MH
|
Ornitologi
|
Aves
|
Fisiologi
|
Fungsi
organ MH
|
Herpetologi
|
Reptil
& amfibi
|
Morfologi
|
Bentuk
luar tubuh
|
Mamalogi
|
Mamalia
|
Embriologi
|
Perkemb.
embrio
|
Malakalogi
|
Molusca
|
Taksonomi
|
Klasifikasi
|
Genetika
|
Pewarisan
sifat
|
Virology
|
Virus
|
Ekologi
|
Hub. makhluk
hidup dgn lingkungan
|
Mikrobiologi
|
Mikroorganisme
|
Patologi
|
Penyakit
organisme
|
Bakteriologi
|
Cacat
pada embrio
|
Teratologi
|
Cacat
pada perkembangan embrio
|
Mikologi
|
Jamur
|
Anestesiologi
|
Pembiusan
|
Imunologi
|
Kekebalan
|
Hygiene
|
Pemeliharaan
kesehatan
|
Parasitologi
|
Parasit
|
Sanitasi
|
Pengelolaan
kesehatan
|
Evolusi
|
Perkembangan
MH
|
Biokimia
|
Proses
kimia dalam kehidupan
|
Paleontologi
|
Fosil
|
Biofisika
|
Proses
fisika dalam kehidupan
|
Bioteknologi
|
Teknologi
dgn MH
|
Helmintologi
|
Cacing
|
ü Keterampilan
proses meliputi :
o
Pengamatan / observasi :
§ Dengan
indra : pengamatan kualitatif
§ Dengan
alat ukur : pengamatan
kuantitatif
Disajikan
dengan gambar, bagan, tabel, grafik, dan tulisan
o
Pengelompokkan / penggolongan
o
Menafsirkan
o
Memprakirakan
o
Mengajukan pertanyaan (5W1H)
o
Menetukan variabel (faktor yang bernilai dan
dapat diubah)
§ Variabel
kontrol : dibuat sama dan terkendali
§ Variabel
bebas : dibuat bervariasi
§ Variabel
terikat : muncul akibat variabel bebas
------------------------------------------------------------------------------------------
KLASIFIKASI
MAKHLUK HIDUP
ü Klasifikasi
: proses pengelompokan makhluk hidup
ü Ilmu
yang mempelajari tentang klasifikasi disebut taksonomi
ü Identifikasi
/ determinasi : menentukan nama orgasisme dan menempatkan dalam system
klasifikasi
ü Tujuan
klasifikasi :
o
Mendeskripsikan cirri-ciri makhluk hidup agar
mudah dikenal
o
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan
persamaannya
o
Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk
hidup
o
Mempelajari evolusi makhluk hidup atas dasar
kekerabatannya
ü Manfaat
klasifikasi untuk memudahkan dalam mempelajarinya dan melihat hubungan
kekerabatan
ü Pelopor
klasifikasi adalah Carolus Linnaeus, disebut bapak taksonomi dari negara Swedia
ü Dasar-dasar
klasifikasi : persamaan, perbedaan, manfaat, anatomi, morfologi, filogenetik,
biokimia
ü 3 macam
klasifikasi :
o
Klasifikasi alami : oleh Aristoteles :
berdasarkan habitat, perilaku, ukuran, dan struktur
o
Klasifikasi buatan : oleh C. Linnaeus : berdasarkan
morfologi
o
Klasifikasi filogenetik (evolusi MH) : oleh C.
Darwin : berdasarkan morfologi, anatomi, fisiologi, perilaku
ü Perkembangan
system klasifikasi :
Klasifikasi
|
Oleh
|
Kingdom
|
2 kingdom
|
Aristoteles
|
Plantae,
Animalia
|
3 kingdom
|
Ernst
Haechel
|
Plantae,
Animalia, Protista
|
Carolus
Linnaeus
|
Plantae,
Animalia, Fungi
|
|
4 kingdom
|
Herbert
Copelang
|
Plantae,
Animalia, Protista, Monera
|
5 kingdom
|
R. H.
Whittaker
|
Monera,
Protista, Fungi, Plantae, Animalia
|
6 kingdom
|
Carl
Woese
|
Archaebacteria,
Eubacteria, Protista, Fungi, Plantae, Animalia
|
ü Klasifikasi
6 kingdom memiliki ciri transkripsi dan translasi genetic Archaebacteria mirip
Eubacteria
ü Klasifikasi
5 kingdom memiliki ciri :
o
Protozoa dari K. Animalia pindah ke K. Protista
o
Nama kelas protozoa menjadi nama filum, nama
filum menjadi nama kelompok
o
Alga biru bernama Cyanophyta pada K. Plantae
menjadi Cyanobacteria pada K. Eubacteria
ü Unit
pengelompokan makhluk hidup disebut takson, disusun dari tingkat tinggi ke
rendah
ü Makhluk
hidup yang memiliki tingkatan takson tinggi, persamaan cirinya sedikit,
jumlahnya banyak
ü Makhluk
hidup yang memiliki tingkatan takson rendah, persamaan cirinya banyak,
jumlahnya sedikit
ü 3
tahapan klasifikasi :
o
Pencandraan / identifikasi ciri-ciri makhluk
hidup
o
Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan
persamaan dan perbedaan cirri
o
Pemberian nama takson
ü Tatanama
makhluk hidup disebut binomial nomenklatur oleh C. Linnaeus dalam bahasa latin
ü Ketentuan
tatanama makhluk hidup :
o
Dalam bahasa latin
o
Terdiri dari 2 kata, kata pertama menunjukkan genus,
nama kedua menunjukkan spesies
o
Huruf pertama besar, huruf kedua kecil
o
Ditulis miring dalam cetakan / digaris bawahi
terpisah dalam tulisan tangan
o
Nama penemu disingkat di belakang nama spesies
ü Tujuan
tatanama makhluk hidup :
o
Membedakan antar kelompok
|
o
Menyusun hubungan kekerabatan
|
o
Memudahkan dalam mengenali
|
o
Menunjukkan tingkatan takson
|
ü Kunci
determinasi / identifikasi : jalur kunci dengan 2 alternatif yang saling
berlawanan
ü Urutan
takson dari terendah : spesies – genus – familia – ordo – kelas – filum /
divisi – kingdom
ü Dalam 1
spesies terdapat varietas (tumbuhan) dan ras (hewan)
ü Diantara
tingkatan takson terdapat sub / anak
keren lengkap..
BalasHapusweeh..makasih buanyaak
BalasHapuscool , complete
BalasHapusKeren ,lengkap dan sangat membantu ..semoga saya bisa mengerjakan soal uts dengan mudah amin hehehe,,makasih gan
BalasHapusbagus sob...keren komplitnya...
BalasHapusbagus sob...keren komplitnya...
BalasHapus