NISN
(Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk
siswa secara nasional yang dikelola oleh Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan
Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan)
Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi
yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional
sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa
yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang
bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa
dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan
pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara
otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian
kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah
divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan
Kota/Kabupaten secara online melalui web operator. Hasil dari proses pemberian
kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka
dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.jardiknas.org).
Tujuan dan Manfaat
- Mengidentifikasi
setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia
secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
- Sebagai
pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi
Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang
bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi terkini.
- Sebagai
sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan
program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program
pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga
sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional,
Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen
Sekolah hingga Beasiswa.
Persyaratan
& Ketentuan Layanan
- UMUM
- Akun
Dapodik beserta apapun yang ada didalamnya merupakan bagian dari Data
Pokok Pendidikan Nasional/Dapodik, secara bersama disebut Layanan yang
diterbitkan dan dikelola oleh Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan
Sekjen Kemdiknas.
- Pengelola
adalah Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan Sekjen Kemdiknas yang
bertanggung jawab terhadap pengembangan, operasional dan dukungan teknis
sistem pada Layanan Data Pokok Pendidikan Nasional.
- Pengguna
adalah Unit-unit Kerja Kemdiknas, Dinas Pendidikan tingkat
Propinsi/Kota/Kabupaten serta Sekolah-sekolah negeri atau swasta yang sah
dan legal baik dibawah naungan Kemdiknas maupun Depag termasuk para
pejabat dan karyawan didalamnya yang telah diotorisasi dan diberi hak
akses atau Akun Dapodik oleh Pengelola sesuai prosedur yang berlaku.
- Dengan
menggunakan Layanan ini Pengguna menyetujui sepenuhnya persyaratan dan
ketentuan yang diuraikan di dalam pemberitahuan Ketentuan Penggunaan.
Jika Pengguna tidak menyetujui Ketentuan Penggunaan ini, harap jangan
gunakan Layanan ini.
- KETENTUAN PENGGUNAAN
- Data
siswa yang dikelola pada Layanan NISN terbatas pada atribut data dasar
yaitu: Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, Alamat, Jenis Kelamin, Asal
Sekolah (NPSN), dan Tingkatan Kelas.
- Sumber
data siswa termasuk validasi dan verifikasi keabsahannya sepenuhnya
menjadi tanggung jawab dari Pengguna khususnya sekolah dan dinas
pendidikan setempat.
- Operasional
pengelolaan data siswa mencakup pemutakhiran data, mutasi siswa, reset,
pengajuan, dan proses lainnya sebagaimana tersedia pada web operator, sepenuhnya
menjadi tanggung jawab dari Pengguna khususnya sekolah dan dinas
pendidikan Kota/Kabupaten sesuai hak akses masing-masing.
- Pengguna
diberi kesempatan luas dan bertanggung jawab sepenuhnya untuk
mengembangkan dan memperluas atribut data siswa lainnya melalui sistem
layanan lain yang dibangun secara mandiri atau bekerjasama dengan pihak
ketiga dengan memanfaatkan fasilitas sistem interkoneksi melalui API
Dapodik (Application Programming Interface Dapodik) yang disediakan oleh
Pengelola.
- KEBIJAKAN INFORMASI
- Penggunaan
Akun Dapodik dan isinya disediakan untuk kemudah pengelolaan administrasi
kependidikan baik bagi sekolah maupun dinas pendidikan. Oleh sebab itu,
informasi yang tersedia merupakan sepenuhnya tangggung jawab dari sekolah
dan Pengguna dan tersedia apa adanya dan sebagaimana tersedia, tanpa
jaminan jenis apapun
- Pengelola
tidak akan dikenakan tanggung-jawab atas kerusakan langsung, tidak
langsung, tidak disengaja, khusus atau secara konsekuensi, kerugian atau
gangguan yang timbul dari penggunaan atau kesalahan informasi yang
diberikan oleh Pengguna
- Pengguna
memahami sepenuhnya terhadap pemanfaatan informasi dengan memanfaatkan
API Dapodik oleh pengguna ataupun pihak ketiga, pemanfaatan informasi dan
fasilitas layanan tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengguna.
- KETENTUAN PENGGNAAN AKUN
- Untuk
menggunakan layanan operator Dapodik, Pengguna akan diberikan sebuah akun
tertentu sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pengguna dilarang
menggunakan akun milik pihak lain tanpa izin.
- Pengelola
akan mengakhiri akses pengguna layanan operator Dapodik bila menurut
pertimbangan Pengelola bahwa Penggna telah melanggar Persyaratan
Penggunaaan.
- Saat
melakukan proses permintaan dan aktifasi akun, anda harus memberikan
informasi yang lengkap dan akurat. Penggna secara sendiri bertanggung
jawab atas aktivitas yang dilakukan akun miliknya, dan berkewajiban
mengamankan kata sandi yang dimilikinya.
- Pengguna
berkewajiban segera melaporkan Pengelola apabila terjadi penyimpangan
keamanan atau penggunaan tanpa izin atas akun anda.
- Pengelola
tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban atas kerugian akibat penggunaan
akun Pengguna oleh pihak yang tidak berwenang, Pengguna bertanggung jawab
penuh atas kerugian akibat penggunaan akun Pengguna oleh pihak yang tidak
berwenang.
- PENGHAPUSAN/PENONAKTIFAN AKUN
- Pengguna
sepakat bahwa Pengelola dalam keadaan tertentu dengan pemberitahuan
terlebih dahulu melalui e-mail, surat, media ataupun pada situs ini dapat
dengan segera mengakhiri akun yang diberikan kepada Pengguna, dan layanan
akses yang terkait dengan akun tersebut dengan alasan tapi tidak terbatas
pada :
- Permintaan
dari penegak hukum atau badan pemerintah lainnya
- Permintaan
Anda (penghapusan akun berdasarkan kehendak sendiri)
- Tidak
dilanjutkannya atau ada perubahan materi dari Layanan (atau bagian
daripadanya)
- Masalah
teknis, masalah keamanan atau gangguan lain yang tidak terduga
sebelumnya
- Keterlibatan
Anda dalam tindakan penipuan/perbuatan curang atau tindakan ilegal
lainnya
- Selanjutnya,
Pengguna setuju bahwa semua pengakhiran akan dilakukan sepenuhnya atas
pertimbangan Pengelola dan bahwa Pengelola tidak bertanggung jawab kepada
Pengguna ataupun pihak ketiga atas pemutusan akun Anda atau akses ke
Layanan.
- PERUBAHAN ATURAN
Pengelola dapat memperbaiki, menambah, atau mengurangi ketentuan ini setiap saat, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya. Seluruh Pengguna terikat dan tunduk kepada ketentuan yang telah diperbaiki/ditambah/dikurangi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar